Rabu, 10 November 2010

Trik aha modem cepat

Setelah lama tidak posting akhirnya saya sempatkan juga untuk posting artikel menarik dan blog. Artikel kali ini akan mengulas tips dan trik untuk Modem Aha Olive VME 110 tapi juga bisa diaplikasikan untuk Modem Aha lainnya. Posting ini sebenarnya juga merupakan salah satu wujud kekecewaan saya atas pelayanan Customer Service Aha yang menurut saya buruk.
Untuk sementara saya tidak akan mengulas tentang harga modem aha, modem aha google chrome, modem aha evdo, modem aha google, jual modem aha, spesifikasi modem aha, tarif modem aha, dan lain sebagainya.
Langsung saja kita ke pokok permasalahan. Bagi anda yang menggunakan Modem Aha pasti akan merasakan lambatnya Sistem Operasi (khususnya yang memiliki komputer tipe jadul dan netbook seperti saya) yang digunakan. Setelah saya perhatikan, hal ini ternyata disebabkan karena file iCard.exe menggunakan resource komputer (RAM) cukup besar. Perhatikan gambar file iCard.exe di bawah ini:

Berikutnya perhatikan gambar di bawah ini yang menunjukkan besarnya resource yang digunakan saat kita baru mencolokkan modem ke komputer dan belum melakukan koneksi.
Saat saya koneksikan dan mencoba game-game online yang cukup berat (dalam praktek ini saya memainkan game “Luna Online“), pemakaian resource file iCard.exe meningkat tajam. Perhatikan gambar di bawah ini:
Resource komputer setelah terkoneksi
Perhatikan ukuran pemakaian resource komputer oleh file iCard.exe, 395MB!! Ukuran yang fantastis dan tak heran akan menyebabkan komputer anda lambat apalagi bila RAM yang digunakan kurang dari 1GB.
Namun bagi anda yang telah menggunakan Modem Aha tidak perlu khawatir, saya telah menemukan salah satu cara untuk mengatasi hal ini. Yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
* Pastikan anda telah mencolokkan Modem Aha ke port USB dan telah menginstall driver modem tapi jangan lakukan koneksi apapun! Putus koneksi anda terlebih dahulu bila masih terhubung ke jaringan. Buka kembali aplikasi “AHA Dialer” sehingga muncul tampilan sebagai berikut:





* Jangan lakukan koneksi dari AHA Dialer ini! Sekarang bukalah jendela Control PanelNetwork Connection sampai anda menemukan jendela seperti di bawah ini:
Buka Jendela Control Panel

* Sekarang lakukan koneksi dengan Aha melalui cara berikut, klik kanan pada icon DC Connection (bisa berbeda dengan anda -  namun harus USB Wireless Modem) sehingga muncul deretan menu. Klik pada menu “Connect“.
Klik kanan dan pilih "Connect"

* Anda kemudian akan mendapati jendela konfirmasi koneksi. Cukup klik pada tombol “Dial” dan sistem akan melakukan koneksi secara otomatis ke jaringan via modem. Jendela ini akan otomatis tertutup dan kembali ke jendela Network Connection. Icon DC Connection akan berubah menjadi “Connected“.
Klik tombol "Dial"
Proses terkoneksi ke jaringan
Status DC Connection menjadi "Connected"

* Sampai di sini anda sudah terkoneksi ke internet dan siap berselancar. Jendela AHA Dialer dapat anda minimize sehingga akan muncul icon Aha di taskbar.Klik tombil Minimize di sebalah kanan-atas
Bila anda hendak memutuskan koneksi dengan jaringan, cukup buka jendela Network Connection kembali dan ulangi langkah 2 dan 3 namun pilih menu “Disconnect“. Tutup jendela AHA Dialer dan koenksi internet anda dapat diakhiri.
Dengan cara yang saya terangkan di atas, file iCard.exe yang sebenarnya adalah aplikasi AHA Dialer dapat dibatasi penggunaan resource komputer sehingga komputer anda tidak akan lambat lagi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar